HUBUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. NEGERI 1 KONSEL KAB. KONAWE SELATAN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nama : Firawan Nim : 12010101117 Judul Skripsi : Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa MTs. Negeri 1 Konsel Kabupaten Konawe Selatan Penelitian ini membahas Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa MTs. Negeri 1 Konsel Kabupaten Konawe Selatan, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Gaya Belajar Visual Dengan Prestasi Belajar Siswa MTs. Negeri 1 Konsek Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola analisis statistik, Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Negeri 1 Konawe Selatan yang berjumlah 105 orang yang terdistribusi pada 4 kelas. Dengan demikian, sampel penelitian di dapatkan melalui pengambilan sampel secara acak dari tiap-tiap kelas VIII sebanyak 26 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokomentasi dan observasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menempuh langkah-langkah a). Analisis deskripsi presentase Variabel X dan Y, b). Uji normalitas data Variabel X dan Y, c). Menemukan angka indeks korelasi, d). Menemukan koefisien determinasi (r squer), dan pengujian hipotesis uji signifikan (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data variabel X menunjukan nilai Mean = 52,56 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel X yakni 20 = 76,92% berada pada nilai 81-100, dengan demikian ini umumnya menunjukan gaya belajar visual siswa MTs. Negeri 1 Konawe Selatan pada kategori baik sekali, 2). Analisis deskriptif data variabek Y menunjukan nilai Mean =81,03 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y yakni 20 = 76,92% yang berada pada nilai 81-100, dengan demikian ini umumnya prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di MTs. Negeri 1 Konawe Selatan pada kategori sangat tinggi, 3). Analisis inferensial menunjukan terdapat hubungan positif signifikan pada kategori tinggi dan signifikan secara parsial variabel independen terhadap variabel dependen dengan ditemukannya rhitung≥rtabel (0,611 ≥ 0,344) dan uji signifikan thitung≥ttabel (3,781 ≥ 2,042) maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada hubungan antara gaya belajar visual dengan prestasi belajar pada bidang studi PAI kelas VIII di MTs. Negeri 1 Konsel Kab. Konawe Selatan dengan besar r squer 37,33% sedangkan sisanya 62,67% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.