PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK SUMARDIN SYAWAL H.L NIM: 13010103008, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kendari Melalui Bimbingan Erdiyanti, S.Ag., M.Pd Skripsi ini mengkaji Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kendari dengan sasaran permasalahan (1) Bagaimana gambaran Kecerdasan Emosional Guru, Komitmen Organisasi Guru, dan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kendari, (2) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru, (3) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Komitmen Organisasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kendari, (4) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kendari. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu Kecerdasan Emosional Guru sebagai variabel (X ), Komitmen Organisasi Guru sebagai variabel (X ) dan Kinerja Guru sebagai variabel (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 34 responden. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrument variabel masing-masing. Adapun tekhnik analisis yang digunakan adalah menggunakan statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. 2 Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kendari. Dapat dibuktikan dari hasil penelitian, berdasarkan perhitungan diperoleh f hitung lebih besar dari f atau 38.144>3.32, maka Ho ditolak H 1 tabel diterima dengan signifikansi 0.000<0.05. Dan besarnya sumbangan konstribusi Variabel X 1 dan X terhadap Variabel Y diperoleh koefisien determinasi sebesar 0.711 atau 71%. Artinya variabel kecerdasan emosional dan komitmen organisasi guru memberikan konstribusi terhadap peningkatan kinerja guru sebesar 71% dan 2 sisanya 29% ditentukan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. 1