Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yunita Saputri. Nim. 13010101130. “Peran Pengawasan Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di MTs Al-Amin Labokeo Kabupaten Konawe Selatan”. Melalui Bimbingan Drs. Masdin, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peran pengawasan orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di MTs Al-Amin Labokeo Kabupaten Konawe Selatan. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengawasan orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di MTs Al-Amin Labokeo saat di rumah maupun di luar rumah, bagaimana kemandirian belajar siswa di MTs Al-Amin Labokeo. Manfaat penelitian adalah sebagai bahan informasi kepada orang tua di Desa Labokeo. Sebagai masukan bagi para pembaca dalam hal ini mahasiswa secara umum. Sebagai bahan masukan bagi peneliti yang bertujuan untuk mendalami tentang masalah yang berkaitan dengan peran pengawasan orang tua teradap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapantahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran pengawasan orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di MTs Al-Amin Labokeo Kabupaten Konawe Selatan dilaksanakan tidak dengan cara mengontrol segala aktivitas belajar anak baik dalam rumah maupun diluar rumah, kurang dalam membantu perkembangan kemampuan akademik anak, kurang dalam memantau perkembangan kepribadian anak, kurang dalam memantau efektivitas jam belajar anak di sekolah, sehingga terdapat beberapa anak di MTs Al-Amin Labokeo yang melakukan perbuatan yang tidak diinginkan oleh orang tua seperti kurang menghargai orang lain, menegaskan untuk sekolah dengan benar, kurangnya disiplin belajar, dan kurangnya komunikasi anatara orang tua, siswa dan guru di sekolah. Faktor penyebabnya adalah terletak pada latar belakang orang tua yang tingkat pendidikannya rendah, keluarga yang kurang harmonis (Broken Home), rendahnya tingkat ekonomi keluarga, dan kurangnya kesadaran orang tua itu sendiri, Kemandirian belajar siswa di MTs Al-Amin Labokeo untuk keseluruhan dapat dilihat melalui kepercayaan diri sendiri, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mampu dan berani menentukan pilihannya sendiri, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif, dan tidak bergantung pada orang lain atau pun orang tua.