PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMK NEGERI 5 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK NIRWATI, NIM. 13010101084 Judul : Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 5 Kendari (Dibimbing Oleh : Dr. Zulkifli Musthan.,M.Si.,M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendaeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 5 Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan memotivasi diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari 2)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengelola emosi diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari? 3)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 5 Kendari dalam membina hubungan dengan orang lain?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriktif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data : trianggulasi sumber, metode waktu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) peran guru pendidikan agama Islam sudah baik dalam memotivasi diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari adalah sebagai motivator dan fasilitator dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang kecerdasan emosional. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional dalam mengelola diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari adalah sebagai pengelola dan pendidik yang berusaha untuk terus mendampingi siswa agar dapat mengelola emosi diri. (3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional terkait membina hubungan dengan orang lain bagi siswa di SMK Negeri 5 Kendari adalah sebagai pembimbing.