STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KHAMPEE WITYA SCHOOL WILAYAH YALA NEGARA THAILAND
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mohammad Sadid Hidayat, NIM 13010101006, Studi Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Role Playing dan Teams Game Tournament Pada Siswa Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand, program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melalui bimbingan Bapak Dr. Abdul Kadir, M. Pd. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesuadah menggunakan metode metode Role Playing dan Teams Game Tournament (TGT) pada siswa Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggambarkan perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan Metode Role Playing dan Teams Game Tournament (TGT) pada siswa Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand. Sampel pada penelitian ini ditetapkan dengan teknik Purposive Random Sampling yaitu kelas 2/3 sebagai kelas kontrol dan kelas 2/4 sebagai kelas eksperimen atau perbandingan. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes (Pretes dan Pos-tes), dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam sesudah menggunakan metode Role Playing dan Teams Game Tournament (TGT) pada siswa Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand dengan nilai signifikansi 0,992, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara sebelum dan sesudah menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas 2/3 Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand dengan nilai signifikansi 0,000, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara sebelum dan sesudah menggunakan metode Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas 2/4 Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand dengan nilai signifikansi 0,000, (4) Tidak ada perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam sesudah menggunakan metode Role Playing dan Teams Game Tournament (TGT) pada siswa Khampee Witya School Wilayah Yala Negara Thailand dengan nilai signifikansi 0,863.