HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SERTIFIKASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI MAN 1 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK MUH. NURDIN, Nim. 0801010103028, Dengan Judul Penelitian Hubungan Kompetensi Profesional Guru Sertifikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqhi di MAN 1 Kendari (Dibimbing Oleh Drs. Pairin., MA dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag.M,Pd.) Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di MAN 1 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yakni menggambarkan hasil penelitian dengan mengunakan angka, angka tersebut dijabarkan dalam bentuk kata - kata. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk korelasi . Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah hubungan kompetensi profesional guru sertifikasi sebagai variabel bebas dengan prestasi belajar siswa sebagai variabel terkait. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik korelasi product moment. Hasil analisis statistik deskriptif kompetensi profesional guru sertifikasi di MAN 1 Kendari pada mata pelajaran fiqhi berada pada kategori “tinggi” kisaran nilai 61 – 80 dari 39 siwa dengan frekuensi relative (75 %) sedangkan hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di MAN 1 kendari berada dalam kategori “tinggi” yakni pada interval 61 – 80 dengan persentase (65,38%) Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kompetensi profesional guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik korelasi produtct momen, dari hasil analisis kompetensi profesional guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai r hitung = 0,62 dan r tabel = 0,279. dimana r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5%. Ini membuktikan kompetensi profesional guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, hipotesis H1 diterima, artinya ada hubungan positif dan H0 ditolak artinya tidak ada hubungan positif antara kompetensi profesional guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaaran fiqhi di MAN 1 Kendari dan kontribusi yang diberikan variabel X terhadap variable Y yaitu sebesar 38,44 % selebihnya 61,56% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun nilai uji t untuk melihat signifikan atau tidaknya antara kompetensi profesional guru sertifikasi dangan prestasi belajar siswa, Dapat diketahui t hitung = 7,186 > 2,01 (t tabel) pada taraf segnifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan, ada signifikansi antara kompetensi profesional guru sertifikasi dengan prstasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di MAN 1 Kendari.