PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE INQUIRY MURID KELAS V SDN I LAMPOPALA KABUPATEN BOMBANA
Main Author: | SAMILUDDIN, NIM : 10010101064 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iainkendari.ac.id/643/1/1.%20%20%20Judul%20Skripsi.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/643/2/2.%20%20%20BAB%20I.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/643/3/3.%20%20%20SILABUS.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/643/4/4.%20%20%20Dokumentasi.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/643/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK SAMILUDDIN, Nim. 10010101064, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Inquiry Murid Kelas V SDN 1 Lampopala Kabupten Bombana Dibimbing oleh : Drs. Amrih. M. Th.I selaku Pembimbing. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid dan guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Lampopala Kabupaten Bombana Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada murid kelas V semester ganjil (I) dengan jumlah 24 orang Murid dan penelitian ini dikususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang selama 2 siklus. Cara pengembilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada murid setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengematan kolaborasi selama pelaksanaan tindakandari setiap siklus. Sebagai standar keberhasilan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Lampopala Kabupaten Bombana. Yaitu” jika pemahaman murid terhadap materi pembelajaran 70 maka murid telah dinyatakan mencapai kentuntasan belajar secara klasikal dan telah dikatakan mencapai ketuntasan belajar secara perorangan. Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diurai pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode Inquiry pada mata peljaran PAI murid kelas V SDN 1 Lampopala Kabupaten Bombana Tahun Pelajaran 2011/2012, bahwa hasil belajar murid dapat ditingkatkan. Dalam hal ini ditunjukan pada nilai rata-rata murid setelah tindakan siklus I meningkat dibanding dengan nilai tes awal yakni 61,70 menjadi 67,79. Hal ini dikatakan belum mencpai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata murid setelah sisklus II meningkat dibanding dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 67,79 Menjadi 83,37 dan telah memenuhi indikator kinerja atau ketuntasan secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu 70.