Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Metode Everyone is a Teacher Here pada Siswa Kelas VIII MTsN I Konawe Selatan
Daftar Isi:
- Abstrak Rosmini, 13 010101 131, Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Metode Everyone is a Teacher Here pada Siswa Kelas VIII MTsN I Konawe Selatan ( Dibimbing Oleh : Wa Muna,S.Ag,M.Pd.I ) Penelitian ini membahas tentang strategi pembelajaran kooperatif melalui metode Everyone is a Teacher Here, dan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Fiqih Siswa Kelas VIII MTsN 1 Konawe Selatan melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap di kelas VIII dengan jumlah 25 siswa, dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Fiqih sub-bahasan Ibadah Haji dan Ibadah Umrah, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan mengobservasi proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi dan data ketuntasan belajar yang diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan. Dengan indikator keberhasilan individual mencapai KKM yakni 65 dan ketuntasan klasikal individual mencapai 85% atau lebih pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan metode Everyone is a Teacher Here. Dimana nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai pra siklus yakni 50,56 menjadi 69,36 dengan presentase peningkatan 37%. Namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 69,36 menjadi 82,24 dengan persentase peningkatan sebesar 18,57%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTsN 1 Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2016-2017.