Daftar Isi:
  • ABSTRAK AMELIA AMIN. 2012. “MeningkatkanHasilBelajarPendidikan Agama Islam MelaluiModel PembelajaranTwo Stay Two Stray padaSiswaKelas VISD Negeri 05 BarugaKota Kendari. Kata kunci: ModelTwo Stay Two Stray (TSTS),danHasilBelajar KegiatanpembelajaranPendidikan Agama Islamdi kelasVI SD Negeri 05 Barugamasihmenggunakanmetodeceramahdanpemberiantugas.Hal inimenyebabkansiswakurangaktifdanhanyasedikitsiswa yang bertanyadanmenjawabpertanyaan yang diajukanoleh guru. Hal iniakanberdampakpadahasilbelajarsiswa yang menunjukkanbahwamasihbanyaksiswa yang memperolehskorrendahdanbelummemenuhistandarketuntasan minimum yang ditetapkanolehsekolahyaitu≥75. Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmodelspembelajaran yang dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa. TujuandaripenelitianiniadalahmelaluipenerapanmodelpembelajaranTwo Stay Two Stray (TSTS) diharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas VI SD Negeri 05 BarugapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitianinidilaksanakan di SD Negeri 05 Baruga, semester ganjiltahunpelajaran 2012/2013.PenelitianinidilaksanakandalamduasiklusdenganmateriBerimanpadahariakhir.SubjekPenelitianiniadalahsiswakelasVI.A yang berjumlah27siswa,terdiridariLaki-laki 15 orang danperempuan 12 orang.Teknikpengumpulan data yaituwawancara, observasi, tes, catatanlapangan, dandokumentasi.Analisis data menggunakanpresentaseskoraktivitasdanhasilbelajaraspekkognitifdanaspekafektif . Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswa.Persentaseketuntasanbelajarsiswaaspekkognitifsiswapadasiklus 1 mencapai 63,9% siswadanpadasiklus 2 meningkatmenjadi 88,8%ataumengalamipeningkatansebesar24,9%.Padaakhirsiklus 2 masihterdapat 3 siswa yangbelumtuntasdalambelajar. Berdasarkanhasilpenelitianini, saran yang dapatdikemukakanantara lain (1) Bagisekolah yang diteliti, model pembelajaranTwo Stay TwoStray (TSTS) dapatmenjadialternatifpertimbangandalamupayaperbaikanstrategipembelajaran yang ada di SD Negeri 05 Baruga(2) Bagisiswa, janganpernahtakutdanragumengajukanpertanyaandanmengemukakanpendapatsertaaktivitasbelajar,danmempersiapkandirisebelumkegiatanbelajarmengajarberlangsung (3) Bagipeneliti lain, lakukanpenelitianserupadengansubjekdanmateri yang berbedasertaselainmenelitihasilbelajarsecarakognitifdanafektiftelitijugahasilbelajarsecarapsikomotorik