MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2 KONAWE SELATAN
ctrlnum |
611 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2
KONAWE SELATAN</title><creator>LA USAHA, NIM. 13010104024</creator><subject>Ilmu Sosial</subject><description>ABSTRAK
Nama Penulis : La Usaha
Nim : 13010104024
Pembimbing : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si
Judul Penelitian : Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head
Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN 2 Konawe Selatan
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Namber Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN II Konawe Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)siswa kelas IIIb MIN
II Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe
Number Head Together (NHT)
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari
penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki
proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIIb MIN II
Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang
dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi guru, observasi siswa dan data
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data tersebut dikumpulkan dengan tes
evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe
tipe Namber Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)pada siswa kelas IIIB MIN II Konawe Selatan pada materi
Sumber Enegri dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I
mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I,
70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke
siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%.begitu pula dengan aktifitas siswa
dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam
proses pembelajaran dengan berkelompok hal ini terlihat ketika siklus II.dan untuk
guru (peneliti) senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam
pembelajaran.</description><date>2017-10-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/2/2.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/3/3.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/4/4.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/5/5.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/6/6.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/7/7.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/8/8.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> LA USAHA, NIM. 13010104024 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI. </identifier><recordID>611</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
LA USAHA, NIM. 13010104024 |
title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2
KONAWE SELATAN |
publishDate |
2017 |
isbn |
13010104024 |
topic |
Ilmu Sosial |
url |
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/1/COVER.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/2/2.BAB%20I.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/3/3.BAB%20II.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/4/4.BAB%20III.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/5/5.BAB%20IV.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/6/6.BAB%20V.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/7/7.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/8/8.LAMPIRAN.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/611/ |
contents |
ABSTRAK
Nama Penulis : La Usaha
Nim : 13010104024
Pembimbing : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si
Judul Penelitian : Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head
Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN 2 Konawe Selatan
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Namber Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN II Konawe Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)siswa kelas IIIb MIN
II Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe
Number Head Together (NHT)
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari
penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki
proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIIb MIN II
Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang
dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi guru, observasi siswa dan data
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data tersebut dikumpulkan dengan tes
evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe
tipe Namber Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)pada siswa kelas IIIB MIN II Konawe Selatan pada materi
Sumber Enegri dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I
mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I,
70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke
siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%.begitu pula dengan aktifitas siswa
dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam
proses pembelajaran dengan berkelompok hal ini terlihat ketika siklus II.dan untuk
guru (peneliti) senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam
pembelajaran. |
id |
IOS16254.611 |
institution |
IAIN Kendari |
institution_id |
1408 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN KENDARI |
library_id |
2563 |
collection |
Repository |
repository_id |
16254 |
subject_area |
UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih |
city |
KOTA KENDARI |
province |
SULAWESI TENGGARA |
repoId |
IOS16254 |
first_indexed |
2021-11-17T02:13:07Z |
last_indexed |
2021-11-17T02:13:07Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1716640225826963456 |
score |
17.538404 |