ctrlnum 611
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2&#xD; KONAWE SELATAN</title><creator>LA USAHA, NIM. 13010104024</creator><subject>Ilmu Sosial</subject><description>ABSTRAK&#xD; Nama Penulis : La Usaha&#xD; Nim : 13010104024&#xD; Pembimbing : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si&#xD; Judul Penelitian : Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)&#xD; melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head&#xD; Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN 2 Konawe Selatan&#xD; Penelitian ini berjudul &#x201C;Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam&#xD; (IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Namber Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN II Konawe Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk&#xD; mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)siswa kelas IIIb MIN&#xD; II Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe&#xD; Number Head Together (NHT)&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari&#xD; penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki&#xD; proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIIb MIN II&#xD; Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang&#xD; dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi guru, observasi siswa dan data&#xD; hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data tersebut dikumpulkan dengan tes&#xD; evaluasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe&#xD; tipe Namber Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu&#xD; Pengetahuan Alam (IPA)pada siswa kelas IIIB MIN II Konawe Selatan pada materi&#xD; Sumber Enegri dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I&#xD; mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I,&#xD; 70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke&#xD; siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%.begitu pula dengan aktifitas siswa&#xD; dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam&#xD; proses pembelajaran dengan berkelompok hal ini terlihat ketika siklus II.dan untuk&#xD; guru (peneliti) senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam&#xD; pembelajaran.</description><date>2017-10-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/2/2.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/3/3.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/4/4.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/5/5.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/6/6.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/7/7.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/611/8/8.LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> LA USAHA, NIM. 13010104024 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI. </identifier><recordID>611</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LA USAHA, NIM. 13010104024
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IIIB MIN 2 KONAWE SELATAN
publishDate 2017
isbn 13010104024
topic Ilmu Sosial
url http://digilib.iainkendari.ac.id/611/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/2/2.BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/3/3.BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/4/4.BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/5/5.BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/6/6.BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/7/7.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/8/8.LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/611/
contents ABSTRAK Nama Penulis : La Usaha Nim : 13010104024 Pembimbing : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si Judul Penelitian : Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN 2 Konawe Selatan Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Namber Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas IIIB MIN II Konawe Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)siswa kelas IIIb MIN II Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIIb MIN II Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi guru, observasi siswa dan data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Data tersebut dikumpulkan dengan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe tipe Namber Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)pada siswa kelas IIIB MIN II Konawe Selatan pada materi Sumber Enegri dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I, 70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%.begitu pula dengan aktifitas siswa dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam proses pembelajaran dengan berkelompok hal ini terlihat ketika siklus II.dan untuk guru (peneliti) senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam pembelajaran.
id IOS16254.611
institution IAIN Kendari
institution_id 1408
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN KENDARI
library_id 2563
collection Repository
repository_id 16254
subject_area UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB
Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
city KOTA KENDARI
province SULAWESI TENGGARA
repoId IOS16254
first_indexed 2021-11-17T02:13:07Z
last_indexed 2021-11-17T02:13:07Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1716640225826963456
score 17.538404