PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 2 TONGGONI KEC. POMALAA KAB. KOLAKA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 2 TONGGONI KEC. POMALAA KAB. KOLAKA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 2 TONGGONI KEC. POMALAA KAB. KOLAKA

Main Author: MASNIATI MASNIATI MASNIATI, NIM. 13010104004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/610/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/8/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/610/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama Penyusun : Masniati NIM : 13010104004 Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Tonggoni Kec. Pomalaa Kab. Kolaka. (Dibimbing Oleh: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M. Si). Penelitian skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas V SDN 2 Tonggoni. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Tonggoni Kec. Pomalaa Kab. Kolaka yang berjumlah 21 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif, deskriptif kuantitatif adalah hasil belajar, sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah 75% siswa mencapai nilai ≥70 (KKM pada mata pelajaran IPS). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Tonggoni dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tes awal yang dilaksanakan sebelum tindakan siklus I, siswa yang mencapai KKM 70 adalah 8 orang (38,09%), dengan nilai rata-rata 55,57, setelah tindakan siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (52,38%) dengan nilai rata-rata 62,61, pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (80,95%) dengan nilai rata-rata 76,19. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Tonggoni.