HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMP NEGERI 2 UEPAI KECAMATAN UEPAI KABUPATEN KONAWE
Main Author: | MARNIAN, NIM. 07010101233 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iainkendari.ac.id/581/1/Sampul.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/2/BAB%20I.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/3/BAB%20II.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/4/BAB%20III.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/5/BAB%20IV%26V.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/6/DAPUS1.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/7/QUESIONER%20PENELITIAN.doc http://digilib.iainkendari.ac.id/581/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK MARNIAN, NIM. 08 01 01 01 233. “Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah melalui bimbingan Ibu Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag dan Ibu Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si. Skripsi ini membahas tentang hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Pokok permasalahannya adalah bagaimanakah disiplin belajar siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe? Bagaimanakah prestasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe? Apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe? Objek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Uepai, populasi dalam penelitian ini adalah 122 orang siswa pada kelas VII tahun ajaran 2011/2012 dan sampel penelitian berjumlah 55 orang dengan penarikan sampel 10% dari populasi dengan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X ; Disiplin Belajar, variabel Y; Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara quesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Disiplin belajar siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe berdasarkan persentase hasil analisis deskriptif dapat diketahui nilai yang diperoleh 2852 atau 86% dari 55 responden termasuk dalam kategori interval sangat baik. Nilai rata-rata prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa responden sebanyak 55 siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe sebesar 72.90 tergolong tinggi dengan persentasenya 61.82%. Berdasarkan hasil analisis data disiplin belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe, diperoleh rhitung lebih besar dari ttabel (0,089 > 1,671) pada taraf signifikansi 0.05% terdapat korelasi positif (searah) antara variabel X dan variabel Y. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 2 Uepai Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe.