Daftar Isi:
  • ABSTRAK ISMAIIL, NIM. 09010101095, Judul : Hubungan antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar (Dibimbing Oleh : Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan Dr. Laode Abdul Wahab, M.Pd ) Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menganalisis hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Penelitian ini dilaksankan di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah sampel 40 responden. Penelitian ini dilakukan mulai bulan juni 2013 hingga Agustus 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner). Analisis data deskriptif dilakukan dengan menghitung mean, median, modus, standar deviasi, varians, dan rentangan data. Uji homogenitas data menggunakan uji levene sedangkan uji linearitas menggunakan uji Anava. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan product moment pearson dan penggujian signifikansi menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perolehan skor rata-rata pada variabel konsep diri adalah 83,29 termasuk kategori tinggi. Skor perolehan rata-rata pada variabel motivasi belajar sebesar 81,76 termasuk kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa konsep diri memiliki hubungan sengan motivasi belajar sebesar 0,85 termasuk dalam kategori sangat kuat. Perhitungan signifikansi menunjukan bahwa nilai t hitung = 9,88 > t tabel pada taraf sinigfikansi 0,05 = 1,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.