Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mirnawati. 09 010101 012. “Pengaruh Manajemen Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP 4 Satu Atap Kulisusu Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara”. Melalui bimbingan Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Raehang, S.Ag. M.Pd.I Belajar merupakan inti dari keseluruhan proses yang dapat mengantarkan siswa mencapai perkembangannya secara optimal. Karena itu, kegiatan belajar harus dapat diatur dan dikelola sebaik-baiknya. Kemampuan dalam mengatur dan mengelola kegiatan belajar dalam penelitian ini dikonsepkan sebagai manajemen belajar. Diduga variabel manajemen belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah manajemen belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMP 4 Satu Atap Kulisusu Kec. Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP 4 Satu Atap Kulisusu. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 56 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada responden. Analisis menggunakan uji korelasi product momen dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMP 4 Satu Atap Kulisusu. Berdasarkan hasil uji t, dimana thitung lebih besar dari ttabel (4,540 > 2,005). Dengan demikian dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa variabel manajemen belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMP 4 Satu Atap Kulisusu. Kata Kunci: manajemen belajar, prestasi belajar