PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 LAWA
Daftar Isi:
- ABSTRAK Gunawan Ramli. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lawa. (Dibimbing oleh Dr. Suprianto, M. Ag dan Dr. Batmang, S. Ag, M. Pd) Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPA 1 semester II di SMA Negeri 1 Lawa. Penelitian dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning), (2) Pelaksanaan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) Refleksi (reflecting) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Lawa Kelas XI IPA 1 sebanyak 40 siswa yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktifitas peneliti dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan soal evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus, dan teknik analisis kritis untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru pada pembelajaran siklus sehingga dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus selanjutnya. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 semester II di SMA Negeri 1 Lawa. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa ketika menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Adapun hasil non tes, yaitu pengamatan proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, baik itu pada saat diskusi kelompok, maupun pada saat presentasi berlangsung.