Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama : Agus Muliawan, NIM : 10 03 01 02 009, Judul Skrifsi : Peranan Halaqoh Dalam Menanamkan Al-Akhlaq Al-Karimah Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD.IT) Al-Qalam Kecamatan Baruga Kota Kendari, pembimbing I : Ahkmad Sukardi, S. Ag., M. Sos. I. II : Nasri Akib, S. Ag., M. Pd. I Masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran umum akhlaq murid, bagaimana peranan halaqah dalam menanamkan akhlaq serta apa faktor pendukung dan penghambatnya sehingga Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran umum akhlaq murid, peranan halaqah, faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlaq al-karimah pada murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD.IT) Al-Qalam Kecamatan Baruga Kota Kendari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data liberary research dengan cara kutipan langsung dan tak langsung dan field research dengan cara observasi, interview dan dokumentasi, serta dengan tehnik analisis data yang ditempuh dengan editing, klasifikasi, display dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber, trianggulasi tehnik dan trianggulasi dengan metode. Hasil penelitian adalah Penanaman Al-Akhlaq Al-Karimah Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD.IT) Al-Qalam Kecamatan Baruga Kota Kendari sudah berjalan dengan baik seiring dengan adanya progra halaqah anak dan memiliki peranan positif dalam menanamkan akhlaq anak baik dari segi perilaku maupun interaksinya memberikan dampak yang baik bagi peserta yang meliputi: Kemandirian, ikhlas, lemah lembut, bekerjasama dan saling tolong menolong sesama teman serta menjadikan anak terbiasa untuk melaksanakan ibadah, menghafal surat-surat pendek, doa sehari-hari dan memberikan pemahaman tentang dasar-dasar ibadah dengan faktor pendukung yaitu kualitas Murobbi, partisipasi murid dan Murobbi dalam halaqah anak tinggi, dan faktor penghambat dikarenakan media yang kadang tidak ada misalnya, tipe, LCD, microphone dan sebagainya.