meningkatkan hasil beljar siiswa melalui penerapan model pembelajaran konsiderasi pda mata pelajaran aqidah ahlak di MTS.Al.Alim Maligano di kec, Maligano.Kab muna. Program Studi Pendidikan Agama Islam

Main Author: SARINA, NIM:10010101004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/319/7/BAB%20I.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/319/2/BAB%20II.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/319/3/BAB%20III.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/319/4/BAB%20%20IV.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/319/5/BAB%20V.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/319/6/LAMPIRAN.docx
http://digilib.iainkendari.ac.id/319/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sarina NIM:10010101004.meningkatkan hasil beljar siiswa melalui penerapan model pembelajaran konsiderasi pda mata pelajaran aqidah ahlak di MTS.Al.Alim Maligano di kec, Maligano.Kab muna. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah (dibimbing oleh Dr.Husain insawan M.Ag dan Aliwar S.Ag,M.Pd Penelitian ini dengan judul “meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran konsiderasi pada mata pelajaran aqidah ahlak di mts al,alim maligano kec maligano kab muna.masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran konsiderasi Pada Pelajaran Aqidah Akhlak, Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan Apakah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan Penerapan Pembelajaran konsiderasi pada pelajaran Aqidah Ahlak di MTS Al-Aliim Maligano Kec. Maligano Kab. Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas adalah adanya tindakan (aksi) tertentu melalui Penerapan Pembelajaran konsiderasi demi Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhalak MTS Al-Aliim Maligano. Objek penelitian siswa MTS Al-Aliim Maligano. Tehnik pengumpulan data dilakukan yang pertama dengan cara observasi, tes dan dokumentasi, yang kedua teknis analisis data ada dua yaitu untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa dan untuk mengetahui prosentase ketuntasan hasil belajar siswa. Jadi dari analisis data kemampuan siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak pada pokok bahasan iman kepada rasul allah pada smester ganjil sebelum diterapkan pembelajaran konsidersi hasil rata-rata siswa sebesar 64,6 dengan persentase 35% sedangkan kemampuan siswa pada pembahasan iman kepada rasul allah setelah diterapkan pembelajaran konsiderasi pada siklus 1 dengan nilai rata-rata sebesar 72,30 dengan persentase 70% dan pada siklus II nilai rata-rata 78,3 dengan persentase 95%. Dengan demikian kemampuan siswa dalam pelajaran Aqidah Akhlak dengan pembahasan setelah diterapkan pembelajaran konsiderasi mengalami peningkatan.