PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI
Main Author: | KAMSIDAR, NIM. 11 01 01 03 037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iainkendari.ac.id/318/1/COVER.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/2/BAB%20I.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/3/BAB%20II.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/4/BAB%20III.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/5/BAB%20IV.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/6/BAB%20V.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/7/Daftar%20pustaka.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/318/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kamsidar, Nim: 11010103037, Pngaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Baruga Kota Kendari. Dibimbing Oleh Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I Selaku Pembimbing I. Samrin, M.Pd.I. Selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah“ Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Baruga Kota Kendari” dengan tujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap motivasi mengajar SD Negeri di Kecamatan Baruga Kota Kendari. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data berupa angket. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 44 guru SD Negeri di Kecamatan Baruga Kota Kendari. Selanjutnya dianalisis melalui pengujian persyaratan analisis (normalitas data) dan pengujian hipotesis (persamaan regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji signifikan). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Analisis deskriptif variabel X memiliki frekuensi tertinggi sebanyak 22 = 50%, berada pada interval 61-80% dengan demikian kecenderungan umum jawaban responden terhadap variabel kecerdasan emosional kepala sekolah SD Negeri di Kecamatan Baruga Kota Kendari termasuk dalam kategori baik. Analisis deskriptif variabel Y memiliki frekuensi tertinggi sebanyak 40 = 91%, yang berada di interval 61-80% dengan demikian kecenderungan umum jawaban responden terhadap variabel motivasi mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Baruga Kota Kendari termasuk dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh positif yang sedang dan signifikan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru dengan pengujian hipotesis menunjukan rhitung ≥ rtabel (0.410 ≥ 0.304), berbanding lurus uji signifikan dimana fhitung ≥ ftabel (8,76 ≥ 4,07), dengan besarnya sumbangan variabel X terhadap Variabel Y = 17% dapat diartikan bahwa 17% dari yang terjadi pada variabel Y atau motivasi mengajar guru disebabkan oleh pengaruh langsung variabel X atau kecerdasan emosional kepala sekolah sedangkan sisanya 83% disebabkan oleh pengaruh variabel yang lain.