Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mita Amelia Pagala, NIM. 16010101079. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa di SMA Negeri 1 Anggaberi, Kabupaten Konawe”. Dibimbing Oleh: Aliwar S.Ag, M.Pd Impelementasi pendidikan karakter yang diterapkan di SMA Negeri 1 Anggaberi berfokus pada pendidikan karakter religius, jujur dan disiplin. Rumusan masalah pada hasil ini yaitu Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Anggaberi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Anggaberi. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Kerena penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, maka data yang diperoleh dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Proses pengolahan dan analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman, proses analisis dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan teriangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa:. Pendidikan karakter religius yang ditanamkan dan ditumbuhkan melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah adalah Pertama, Siswa mengantri ketika berwudhu. Kedua, Siswa melaksanakan shalat dzuhur berjamaah tepat waktu. Ketiga, Siswa melaksanakan shalat dzuhur berjamaah tanpa disuruh. Keempat, Siswa berani mengumandangkan adzan. Kelima, Siswa semangat untuk shalat berjamaah. Pendidikan karakter Jujur yang ditanamkan oleh pihak sekolah adalah Pertama, Membuat dan Mengerjakan Tugas Secara Benar. Kedua, Tidak Mencontek dan Memberikan Contekan. Pendidikan karakter Disiplin yang ditanamkan oleh pihak sekolah adalah Pertama, Patuh Pada Tata Tertib Sekolah. Kedua, Membuang Sampah Pada Tempatnya. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Karakter Jujur, Karakter Disiplin