Daftar Isi:
  • ABSTRAK YASMANTO NIM. 14010101102” penerapan metode menghafal wahdah dan kitabah dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran al qur’an hadis di madrasah aliyah ddi nurul qalbi ranomeeto kab. konawe selatan di bimbing oleh : Dra HJ. marlina gazali, Mpd.I PENELITIAN INI bertujuan mendekripsikan pelajaran al qur’an hadis melalui metode menghafal wahdah dan kitabah pada sisiwa kelas XI di madrasah aliyah DDI nurul qalbi ranomeeto kab. konawe selatan dan untuk mengetahui apakah metode menghafal dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada mata pelajaran al qur’an hadis kususnya di di madrasah aliyah DDI nurul qalbi ranomeeto Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di lakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan opjek yakni siswa kelas XI aliyah yang berjumlah 12 orang terdiri dari 7 pria dan lima orang putri prosedur penelitian melalui perengcanaan, pelaksanaan,Ovserpasi,refleksi. Data data dalam penelitian ini di peroleh melalui data ovserpasi aktipitas guru dan sisiwa serta hasil belajar yang di analisis secara kualitatif dan di kuantitatif. Hasil belajar al qur’an hadis siswa kelas XI madrasah aliyah DDI nurul qalbi ranomeeto kab. konawe selatan melalui metode menghafal wahdah dan kitabah mengalami peningkatan signifikan hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai rata rata prasiklus mencapai 66,85 dengan ketuntasan belajar mengcapai 45% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mengcapai 65% dengan nilai 70,7 ketuntasan belajar setelah siklus II mengcapai 85% dengan nilai rata rata 79,1 adapun peningkatan hasil belajar prasiklus ke siklus II sebesar 18, 32%