Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rimaya, Nim: 08 010101 115, “Hubungan Pemberian Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di Mas Pesantren Ummusabri (PESRI) Kendari”, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah melalui bimbingan Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag dan Jabal Nur, M.Pd. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemberian motivasi guru di MAs Pesantren Ummusabri (PESRI) Kendari?, Bagaimana Kondisi obyektif prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MAs Pesantren Ummusabri (PESRI) Kendari?, dan Seberapa besar hubungan pemberian motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MAs Pesantren Ummusabri (PESRI) Kendari? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian yang menggunakan analisa statistik. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dan quisionare. Populasi penelitian ini adalah siswa MAs PESRI Kendari kelas X dan XI sebanyak 230 orang dengan teknik penarikan sampel sebesar 15% dari jumlah populasi. Maka ditetapkan sampel penelitian ini adalah berjumlah 34 orang siswa. Untuk mengetahui teknik analisis data digunakan rumus Product Moment. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan pemberian motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak di MAs Pesantern Ummusabri (PESRI) Kendari, dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,688. Pada taraf α = 5% (0,05), dimana dk = n-2 = 34-2 = 32, maka diperoleh rtabel 0,349 Dengan demikian rhitung = 0,688 > rtabel 0,349. Maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat hubungan yang positif antara pemberian motivcasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi aqidak akhlak di MAs Pesantren Ummusabri (PESRI) Kendari.