Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jumiati, NIM.16010104014 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik MIN 1 Kendari” (Dibimbing oleh Raehang, S.Ag.,M.Pd.I) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tematik tema 6 (Cita-citaku) peseta didik MIN 1 Kendari melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam 3 siklus, pada peserta didik kelas IVc semester genap tahun ajaran 2019/2020. Dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan evaluasi serta melakukan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar pembelajaran Tematik peserta didk kelas IVc MIN 1 Kendari melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture mengalami peningkatan yang signifikan. hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus III yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 57,64 dengan ketuntasan belajar mencapai 14,70% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 47,05% dengan nilai rata-rata 64,11. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 64,70% dengan nilai rata-rata 74,11. Kemudian ketuntasan belajar setelah siklus III mencapai 94,11% dengan nilai rata-rata 88,52. Adapun peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus III sebesar 93,11%. Kata Kunci: Kooperatif Picture and Pictur dan Hasil belajar.