PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAMMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SATAP 02 KONSEL KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONSEL
Daftar Isi:
- ABSTRAK Reski Setia Amalia. NIM. 16010104011. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V di SDN SATAP 02 Konsel Kec. Ranomeeto Barat Kab. Konsel. Dibimbing oleh: Raehang, S.Ag., M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di kelas V SDN SATAP 02 Konsel pada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Pada prosedur penelitian menggunakan skema PTK Kurt Lewin meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar kelas V SDN SATAP 02 Konsel. Hal ini dibuktikan pada hasil lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 67%, kemudian meningkat pada siklus II mencapai 86% dengan kategori Sangat Baik. 2)Model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SDN SATAP 02 Konsel dibuktikan pada sebelum tindakan nilai rata-rata sebesar 64,46 dengan persentase ketuntasan 60%. Setelah tindakan siklus I, memperoleh nilai rata-rata 77,25 dengan persentase ketuntasan 75%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II hasil belajar meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai 82,25 dengan presentase ketuntasan 81,25%. Kata kunci: Scramble, aktivitas, hasil belajar matematika.