PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TK JABAL NUR KECAMATAN BATU POARO KOTA BAUBAU
Main Author: | HERNI, NIM: KL.14010101051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iainkendari.ac.id/279/1/cover.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/2/BAB%20I.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/4/BAB%20II.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/5/BAB%20III.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/6/BAB%20IV.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/7/BAB%20V.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/8/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://digilib.iainkendari.ac.id/279/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media balok Cuisenaire dapatmeningkatkan kemampuan berhitung anak TK Jabal Nur dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media balok Cuisenaire dapatmeningkatkan hasil kemampuan berhitungpada anak TK Jabal Nur Kelurahan Batu Poaro Kota Baubau.Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan rata-rata hasil dari pra siklus ke siklus I sebesar 6,67%, kemudian peningkatan hasil rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 13,33%, dan peningkatan hasil rata-rata darisiklus II ke siklus III sebesar 26,67%. Proses peningkatan terlihat pada saat dilakukan tindakan siklus I, siklus II dan siklus III dengan langkah-langkah kegiatan berhitung dengan balok cuisenairesebagai berikut: a. Guru masuk ke dalam kelas dan mengatur posisi duduk anak dengan rapi. b. Guru memperkenalkan balok Cuissionare kepada anak c. Guru mengajak anak berhitung bersama-sama jumlah balok pada masing-masing ruas tersebut dengan cara meletakkan satu persatu di depan anak sambil berkata satu, dua, tiga dan seterusnya hingga sepuluh. Anak diminta untuk menunjukkan dan menghitung jumlah balok sesuai dengan angka yang disebutkan oleh guru.Setelah anak mampu menghitung banyak balok, guru memperkenalkan lambang bilangan pada anak. Anak diminta untuk mengurutkan balok-balok dari ruas balok satu hingga sepuluh. Anak diminta mencari dan menghubungkan banyaknya balok dengan lambang bilangannya.