PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE KANCING GEMERINCING (TALKING CHIPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV C DI SDN 02 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK Resti. NIM. 16010104004. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type Kancing Gemerincing Talking Chips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IVC Di SD Negeri 02 Kendari. Dibimbing oleh : Dr. H. Moh Yahya Obaid M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik Kelas IVC di SD Negeri 02 Kendari melalui penerapan Model pembelajaran Kooperatif type Kancing Gemerincing Talking Chips. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, pada peserta didik kelas IVC semester Ganjil tahun ajaran 2019/2020. Dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil peneltian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanan pembelajaran IPA di SD Negeri 02 Kendari dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif type Kancing Gemerincing Talking Chips berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disiapakan dengan mengacu pada langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif type Kancing Gemerincing Talking Chips, Penerapan model Kooperatif type Kancing Gemerincing Talking Chips dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik sehingga aktivitas guru meningkat menjadi 100% dan aktivitas peserta didik menjadi 95%. 2) Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif type Kancing Gemerincing Talking Chips Hal ini dapat dibuktikan pada persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mencapai 96%. Kata kunci: Kancing Gemerincing Talking Chips, Hasil Belajar IPA Kelas IVC.