PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MTs NEGERI 1 KENDARI

Main Author: Rinda Natasya Arindi NIM. 16010107001., R
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/1/Cover%20dalam%201.1.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/2/Cover%20dalam%201.1.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/3/ABSTRAK%20PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20THINK%20PAIR%20SHARE%20-%20Copy.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/4/DAFTAR%20ISI%20Rinda%207.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/5/DAFTAR%20TABEL%20Rinda%208.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/6/DAFTAR%20GAMBAR%20Rinda%209.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/7/DAFTAR%20LAMPIRAN%20Rinda%2010.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/8/KATA%20PENGANTAR%20Rinda%205.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/9/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI%202.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/10/HALAMAN%20PERNYATAAN%20ORISINALITAS%203.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/11/HALAMAN%20PERNYATAAN%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI%20TUGAS%20AKHIR%20UNTUK%20KEPENTINGAN%20AKADEMIS.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/12/ABSTRACT%20Translation.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/13/BAB%20I%20Pdf.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/14/BAB%20II%20Pdf.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/15/BAB%20III%20Pdf.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/16/BAB%20IV%20Pdf.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/17/BAB%20V%20Pdf.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2771/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rinda Natasya Arindi NIM. 16010107001. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Di MTs Negeri 1 Kendari. Dibimbing Oleh: Ismaun, S.Si., M.Si Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu di MTs Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan model rancangan Control Group Posttest Design. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Instrumen yang digunakan adalah hasil tes belajar kognitif siswa dengan materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Populasi penelitian adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah kelas VIII.3 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.10 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol, yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan rata-rata nilai posttest 70,933 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest 64,667. Kriteria penilaian keberhasilan belajar dalam penelitian eksperimen ini adalah baik, karena terdapat 80 % siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu 67 dari jumlah keseluruhan siswa. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu, ditunjukkan pada hasil uji t hitung = 5,684 > t tabel = 1,67. Kata Kunci : Hasil belajar, model Think Pair Share (TPS), sistem pernapasan pada manusia