PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA DRAWING DALAM PEMBELAJARAN MATERI PELAKSANAAN SHALAT PADA SISWA KELAS V SDN 18 BARUGA KECAMATAN BARUGA KENDARI

Main Author: NURLAILA M. PELONG, NIM. 12010101076
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/276/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/276/2/BAB%201.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/276/3/BAB%202.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/276/4/BAB%203.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/276/5/bab%204.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/276/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/276/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NURLAILA M. PELONG Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Drawing Dalam Pembelajaran Materi Pelaksanaan Shalat Pada Siswa Kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Baruga Kendari, Dibimbing Oleh Dr. H. Herman, M. Pd. I Dan Dr. Ambar Srilestari, M. Pd Penelitian ini berfokus pada peningkatakan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media drawing secara umum penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi pokok pelaksanaan shalat di sekolah dasar khususnya di kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Baruga Kendari dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media drawing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Kendari dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode demonstrasi melalui media drawing. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Baruga Kendari dengan menerapkan metode demonstrasi melalui media drawing. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media drawing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pelaksanaan shalat dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Baruga Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Baruga Kendari tahun ajaran 2015/2015 dengan jumlah siswa 26 orang instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes siklus I, dan II, setelah memberikan tindakan dan lembar observasi terhadap guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan prosedur penelitian ini terdiri dari: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam pada penerapan metode demonstrasi (pratek ) melalui media drawing (gambar) pengalami peningkkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya tanpa penerapan metode dan media. Hal ini dapat di artikan bahwa penerapan metode demontrasi melalui media drawing dapat meningkatkan keaktifan dan dan prestasi Pendidikan Agama Islam materi pokok pelaksanaan shalat.