PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS IV SD NEGERI 1 KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Main Author: SITTI HADIJA, NIM. KL.14010101027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/273/1/00.COVER%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/273/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sitti Hadija Nim. 14010101027. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono Kabupaten Konawe Selatan”. Melalui bimbingan Abbas Tekeng, S.Ag. MA. Pendekatan pembelajaran konvensional yang lebih terpusat pada guru dinilai kurang efektif dalam mengantarkan siswa mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Disamping itu, penyajian materi yang monoton dengan metode ceramah cenderung menciptakan kesenjangan prestasi diantara siswa. Karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran inovatif yang lebih terpusat pada siswa dan menekankan aspek kerjasama antar siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan alternatif metode yang tepat dalam hal ini. Karena itulah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengemukakan topik “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Kolono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kolono. Prosedur penelitian ini dilaksanakan secara berdaur dan terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono Kabupaten Konawe Selatan. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69.85 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,90 dan persentase ketuntasan sebesar 70%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 95%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono” dapat dibuktikan.