MANAJEMEN PELAKSANAAN MANASIK HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KOLAKA
Daftar Isi:
- ABSTRAK Muhammad Askar, NIM. 17040201013, Manajemen Pelaksanaan Manasik Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka,(Dibimbing oleh:Dr. Pairin,MA dan Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag) Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan bersifat deskriptifyang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Penerapan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan/kontroling (POAC) oleh Kementerian Agama Kabupaten Kolaka dalam pelaksanaan mansik haji. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen manasik haji di Kabupaten Kolaka. Penelitian dilaksanakan di Kemenag Kabupaten Kolaka selama 4 (empat) bulan sejak Mei sampai Agustus 2019. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, penyajian data dan verifikasi.Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Adapun perencanaan yang dibuat oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Kolaka antara lain perencanaan perekrutan, perencanaan bimbingan di tanah air (sebelum berangkat ibadah haji), perencanaan bimbingan di Arab Saudi (pelaksanaan ibadah haji), dan juga perencanaan bimbingan di tanah air (pasca ibadah haji). Pengorganisasian dengan membagi tugas sesuai dengan tanggung jawabnya sebab dengan pengelompokan kegiatan yang diperlukan yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi.Penerapan penggerakan (actuating) yakni dengan pelaksanaan manasik haji di Tingkat Kabupaten, dilanjutkan pada tingkat Kecamatan.Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan bimbingan manasik haji yang merupakan kewajiban dari KUA sebagai instansi yang menangani penyelenggaraan ibadah haji pada tingkat Kecamatan.Penerapan evaluasi dengan mengadakan koordinasi dan evaluasi, baik internal pengurus maupun dengan Stakeholder. Evaluasi ini dilakukan untuk mengkaji ulang bagaimana proses perjalanan dari perekrutan yang telah dilakukan oleh pengurus. Adapun sistem evaluasi yang digunakan adalah dengan menggunakan metode musyawarah dan diskusi bersama. 2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen manasik haji adalah pembimbing ibadah manasik haji yang ahli dan respon jamaah haji yang positif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan tingkat pengetahuan dan usia lanjut peserta manasik haji. ABSTRACT Muhammad Askar, NIM. 17040201013, Management of the Implementation of Hajj Rituals in the Office of the Ministry of Religion in Kolaka Regency, (Supervised by: Dr. H. Pairin, MA and Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag) This study uses a qualitative approach to the type of phenomenological research and is descriptive in nature which aims to describe and analyze: 1) Application of management functions consisting of planning, organizing, implementing and controlling / controlling (POAC) by the Ministry of Religion in the Kolaka Regency in the implementation of the hajj mansik . 2) Supporting and inhibiting factors in the implementation of hajj manasik management in Kolaka Regency. The study was conducted at the Ministry of Religion in Kolaka Regency for 4 (four) months from May to August 2019. The research data collection was carried out with interview, observation, and documentation techniques. Data analysis is performed through data reduction, data display, data presentation and verification. Checking the validity of the data is done through the extension of observation techniques, increased perseverance, and triangulation. The results of this study reveal that: 1) The plans made by the Hajj and Umrah Organizer Section of the Ministry of Religion in Kolaka Regency include recruitment planning, planning guidance in the country (before leaving for the pilgrimage), planning guidance in Saudi Arabia (implementation of the pilgrimage), and also guidance planning in the country (after the pilgrimage). Organizing by dividing tasks according to their responsibilities because with the grouping of activities required, namely the determination of the organizational structure and the duties and functions of each unit in the organization. The application of actuating is by performing the Hajj rituals at the District Level, followed by the District level. This activity is a continuation of Hajj ritual guidance activities which is an obligation of KUA as an agency that handles the implementation of the pilgrimage at the District level. Implementation of evaluation by conducting coordination and evaluation, both internal management and with stakeholders. This evaluation is carried out to review how the travel process of recruitment has been carried out by the board. The evaluation system used is to use a method of deliberation and joint discussion. 2) Supporting factors for the implementation of the management of the Hajj rituals are the guidance of the Hajj rituals experts and the response of the pilgrims who are positive. While the inhibiting factors are differences in the level of knowledge and advanced age of Hajj ritual participants. صخلم . بلاطلا ةيوه قمر ، ركس ع دمحم١۷٠٤٠٢٠٢٠١٣ ةرازو ب" كم في جلحا كسا( م ذ* فن ت ةرادا ، (دي ب ع يىيح دمحم و ن6 ر في :ايهل9 فشر < ) ،سي? يج ر كالاوC في ن6Dا لىا فدته اتهعي ب طب ة* فص و هيو رهاوظلا ثحب ل ا عون ل ةي ع ون ةبراقم ةسارDا هذه مدTت Vس W :لي لتح و فصو1قي ب طت ( ةرطي Vس ل ا / دصرلاو ذ* فن ت ل او يمظن ت ل او طي طخت ل ا نم نوكت ت تيلا ةرادلاا فئاظو (POAC) . كي Vس h ام جلحا ذ* فن ت في كالاوC ةقط( م في ن6Dا ةرازو لi ق نم2 في لماوعلا ط* l ث ت و عمد ( سي? يج ر كالاوC في سيان لم ا جلحا ةرادا ذ* فن ت . كالاوC في ن6Dا ةرازو في ةسارDا تيرجt دقو ةدلم سي? يج ر 4 لىا ويام / رvt نم ره ش t (ةعبرt) سطس غ t / بt2019 ءارجا تمي .قي ث وت ل او ةi ق ارلماو �باقلما تاي ( قت عم ةي ث حب ل ا ت�اي ب ل ا عجم تم دقو . نم ققحت ل ا تمي .انهم ققحت ل او ت�اي ب ل ا ضرعو ت�اي ب ل ا ضرعو ت�اي ب ل ا لي لقت للا� نم ت�اي ب ل ا لي لتح للا� نم ت�اي ب ل ا ةصح ثي لث ت ل او ، ةر�اث لم ا ةدvزو ، ةi ق ارلما تاي ( قت ديدتم . :ليي ام ةسارDا هذه ئجات ن فش ك� 1 عبات ل ا ةرمعلاو جلحا يمظن ت مس ق اه عض و تيلا ططلخا لتم Vش W ( لىا ةرداغلما لi ق ) دلاب ل ا في طي طخت ل ا ه* ج وتو ، في ظ وت ل ا طي طتخ لى9 سي? يج ر كالاوC في ن6Dا ةرازول ي طتخ و ، (جلحا في ي� يهج وت ل ا طي طخت ل ا �ذكو ، (جلحا ذ* فن ت ) ةيدوعس ل ا ةي ب رعلا ةكلملما في طي طخت ل ا ط ، ةبولطلما ةطش h ¡ا عي متج عم هن¡ متهاي ل وؤس م بس ح ماه لم ا يمVس قت قيرط نع يمظن ت ل ا .(جلحا دعب) دلاب ل ا ط نع لغت Vش < قي ب طت تمي .ةمظن لم ا في ةدƒو كل فئاظوو تاi ج اوو ييم ظن ت ل ا كلي ه ل ا ديدتح هيو قير ةطش h ¡ ارارتم Vس ا طاش ? ل ا اذه لث يم .ةعطاقلما ىوت Vس م ايهلت ، ةقطن لم ا ىوت Vس م لى9 جلحا سوقط ءادt ىوت Vس م لى9 جلحا ذ* فن ت لىوت ت flكاو هراب ت ع ° ة* ? ي Dا نوؤش ل ا ب" كم نم ماتزلا وهو جلحا سوقط ه* ج وت ةرادلاا ءاوس ، يم* قت ل او قي Vس ? ت ل ا ءارجا قيرط نع يم* قت ل ا ذ* فن ت .ةعطاقلما .ة†لصلما باصحt عم وt ةي ل� اDا يم* قت ل ا ماظن .ةرادلاا سلمج ةطساوب في ظ وت لμ رفس ل ا ةي لعم ذ* فن ت ة* في C ةعجارلم يم* قت ل ا اذه ءارجا تمي .ةكترش لم ا ةش ق ان لم او تلاوادلما ةقيرط مادTت Vس ا وه مدTت Vس لم ا2 سوقط ةرادا ذ* فن ت ل ةعماDا لماوعلا ( ‚ت Vس او جلحا سوقط ءابر� تاداشرا هي جلحا ةطب ث لم ا لماوعلا نt ينƒ في .نوي ب ايجا هم ن6...ا جا‚لحا ةبا جلحا سوقطل مدقت لم ا رمعلاو ةفرعلما ىوت Vس م في تافلا" خ À هي .