Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasmin (15010105003) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pembelajaran Senam Fantasi Pada Anak Kelompok B.II RA. Aisyiyah Nurhaq Baruga Kel. Baruga Kota Kendari. (Dibimbing Oleh Ibu Erdiyanti, S,Ag, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B. II RA. Aisyiyah Nurhaq Baruga Kota Kendari. Pembelajaran senam fantasi adalah upaya memberikan pembelajaran motorik kasar pada anak dengan cara meningkatkan imajinasi yang menyenangkan yang sesuai dengan dunia anak yaitu dunia bermain. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian 13 anak kelompok B. II RA. Aisyiyah Nurhaq Baruga Kel. Baruga Kota Kendari tahun pelajaran 2018/2019, dan Objek Penelitian terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran senam fantasi dapat meningkatakan kemampuan motorik kasar anak. Di tunjukkan dengan penilain dengan mengunakan skor bintang  artinya belum berkembang, bintang  artinya mulai berkembang, bintang  artinya berkembang sesuai harapan, bintang  artinya berkembang sangat baik. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan persentase kemampuan motorik kasar anak yang terus meningkat yaitu dari Pra Siklus mencapai 23,07% meningkat menjadi 61,53%, pada tindakan siklus I dan mencapai 84,61% pada tindakan siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksaan kegiatan dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pembelajaran Senam Fantasi dapat dilaksanakan secara optimal Pada Anak Kelompok B.II RA. Aisyiyah Nurhaq Baruga Kel. Baruga Kota Kendari. Kata kunci : Pembelajaran senam fantasi, Kemampuan Motorik kasar