PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS III SD NEGERI 2 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Main Author: LA NTAWU, NIM : KL.14010101026
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/266/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/266/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK La Ntawu, Nim. 14010101026. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Modeling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kabupaten Konawe Selatan” melalui bimbingan Dra. Hj. Marlina Gazali, M.Pd.I. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68.73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I dilakukan maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 70,36 dengan persentase ketuntasan sebesar 63,64%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,82%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas III SD Negeri 2 Laeya. Kata kunci: hasil belajar siswa, strategi pembelajaran aktif, modeling the way