Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ahmad, Nim. 14010101019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Melalui Permainan Kartu Huruf di Kelas I SD Negeri 59 Tongkoseng Kabupaten Bombana”melalui bimbingan Jumardin La Fua, S.Si. M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca, terutama dalam mengenal huruf dan merangkai kata. Atas permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk mencari solusi pemecahan masalah melalui serangkaian tindakan penelitian dengan menggunakan media kartu huruf. Karena itu, peneliti mengemukakan judul “Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Melalui Melalui Permainan Kartu Huruf di Kelas I SD Negeri 59 Tongkoseng Kabupaten Bombana”.Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca murid kelas di SD Negeri 59 Tongkoseng Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan kemampuan kemampuan membaca murid dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca murid di kelas I SD Negeri 59 Tongkoseng. Hal tersebut dapat diamati dari perkembangan kemampuan membaca murid yang terus menunjukkan peningkatan, mulai dari tahap pengenalan huruf hingga pada tahap kemampuan merangkai huruf menjadi kata sederhana. Ditinjau dari aspek ketuntasan belajar, pada siklus pertama peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 72,22%, kemudian pada siklus II, ketuntasan belajar peserta didik meningkat mencapai 100% atau semua murid mengalami ketuntasan belajar. Dengan pencapaian ini, maka hipotesis tindakan terbukti bahwa penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca murid di SD Negeri 59 Tongkoseng.