MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAOSU KABUPATEN KONAWE
Main Author: | SUMINAR, NIM. KL.14010101028 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iainkendari.ac.id/263/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/263/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Suminar Nim. 14010101028. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Penerapan Metode Index Card Match di Kelas IV SD Negeri 2 Laosu Kabupaten Konawe. Melalui bimbingan Aliwar, S.Ag. M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Index card match pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Laosu. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV di SD Negeri 2 Laosu Kabupaten Konawe. Jenis penelitian termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 2 Laosu Kabupaten Konawe. Prosedur penelitian ini dilaksanakan secara berdaur terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa di kelas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di Kelas IV SD Negeri 2 Laosu Kabupaten Konawe. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69.88 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 70,83%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,42 dengan persentase ketuntasan sebesar 70,83%. Selanjutnya, pada siklus II nilai ratarata kelas meningkat menjadi 76,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 2 Laosu dapat dibuktikan.