PENINGKATAN KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOLAKA MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENINGKATAN KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOLAKA MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENINGKATAN KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOLAKA MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Main Author: Muhammad Nasrullah, 16040202042,, M
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/1/COVER%20DAFTAR%20ISI%20DAN%20SBTRAK.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/2/BAB%201.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/3/BAB%202.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/4/BAB%203.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/5/BAB%204.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/6/BAB%205.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20DAN%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2382/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Muhammad Nasrullah, 16040202042, Peningkatan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar PAI Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka Melalui Implementasi Kurikulum 2013, Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing I. Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, Pembimbing II. Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag. Penelitian ini membahas tentang peningkatan kinerja guru dan prestasi belajar PAI siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka melalui implementasi kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan beberapa hal, yaitu peningkatan kinerja guru dan prestasi belajar siswa melalui implementasi kurikulum 2013 pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka, serta hambatan yang dihadapai dalam implementasi kurikulum 2013 pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperoleh melalui fakta yang ada dilapangan dengan teknik observasi, wawancara sdan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga jalur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian mengugkapkan bahwa (1)peningkatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka melalui implementasi kurikulum 2013 adalah cukup baik yang ditandai dengan tiga indikator utama yaitu perencanaan guru senantiasa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )sebelum mengajar dalam kelas, pelaksanaan proses pembelajaran guru senantiasa mengacu pada langkahlangkah kegiatan yang ada dalam RPP, dan penilaian dalam proses pembelajaran untuk mengukur sampai di mana tujuan pembelajaran tercapai. (2 ) Peningkatan prestasi siswa pada al-Qur’an Hadis adalah baik yang tertuang dalam rapor siswa kurikulum 2013. (3)Hambatan yang dihadapi pihak guru dari segi penilaian masih dirasakan rumit dan solusinya dengan mengadakan pendampingan atau pelatihan kurikulum 2013, hambatan dari siswa masih ada yang belum lancar membaca alQur’an dan solusinya dengan memberikan motivasi dan semangat, mengadakan komunikasi atau kerja sama dengan orang tua siswa, kemudian dibentuk Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ ), hambatan sarana prasarana dengan terbatasnya buku siswa yang telah disiapkan oleh pemerintah dan solusinya dengan memaksimalkan buku yang ada serta mengkopi hasil download yang disiapkan guru, hambatan ruang kelas yang terbatas kepala sekolah dan komite madrasah berusaha menambah gedung/ruang kelas. Implikasi penilitian ini adalah dapat memberikan referensi bagi guru Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan kinerja dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada madrasah atau lembaga pendidikan sebagai usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan. ABSTRACT Muhammad Nasrullah, 16040202042, The Improvement of the Teacher' Performance and Students' Achievement on Studying Islamic Education Subject of MIN 2 Kolaka Throug the Curriculum of 2013 Implementation. Thesis of Islamic Education Study Program, State Institute of Islamic of Kendari. First Consultant, Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, Second Consultant, Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag. The research discussed about the Improvement of the teacher's performance and students' achievement on studying islamic education through the curiculmn of 2013. The objective of the research was to find, analyze, and describe several things, were the Improvement of the teacher's performance through curriculum of 2013 implemenation on MIN 2 Kolaka, the Improvement of the students' achievement through curriculum of 2013 implemenation, and the problem was faced in implementing the curriculum of 2013 in MIN 2 Kolaka. The type of the research used qualitatif approach. The data was obtained through the fact by using techique of observation and interview, as well as documentation. The data was obtained then analyzed through three ways activity were data reduction, data interpretation, and conclussion. Checking the validity of data was done by way of time extension, researching, and triangulation of data. The result of the research revealed that (1) the Improvement of the teacher's performance of MIN 2 Kolaka through implementing the curriculum of 2013 was good enough signed by three principal indicators were teacher's planning always prepair the lesson plan before teaching in the classroom, learning process implemenation always refer to the steps of activity on the lesson plan, and the assesment in learning process to measure the extent to which learning objectives were achieved. (2 ) the Improvement of students' achievement on Alquran hadis was good which was contained on the book of the report card students of the curriculum of 2013. (3)the obstacles faced by the teacher in terms of assesment still felt complicated and the solution is to hold a mentoring or training curriculum of 2013, the resistance of the students is there are still not fluent in reciting al-Qur’an and the solution is to give motivation and spirit, to hold communication or cooperation with students’ parents, then formed al-Qur’an education center, barriers infrastructure with limited student book has been prepared by the government an the solution is maximizing an existing books as well as copying the download result that prepared by the teachers, the solution of the limited classroom is the headmaster and the committee of school trying to add bulding/ classroom. The implication of this research is to provide a reference for the teachers of Islamic Education in particular subjects of the qur'an Hadits to improve the performance and learning achievements of students in the learning process, it is also expected to contribute to the School or educational institution in an effort to improve the quality of education. ثحبلا صخلم نید ةیبرتل سردلا بقانم و سردملا ةیئادتبلإا ةسردملا ١٦٠٤٠٢٠٢٠٤٢ الله رصن دمحم , ءادأ ریوطت , جھنم قیبطت ةقیرطب اكلاوك ةساردلا ةیموكحلا ةیملاسلإا بلاطل ملاسلإا  ةیملاسلإا ةعماجلا ةیملاسلإا ةیبرتلا ةساردلا مسقل ىملعلا ثحبلا ىرادنك ,  ىلع ىناغ ىتاینسح ىتس ةجاحلا , فرشملا , فرشملا / د د / ىیحی جاحلا دیئابأ . نید ةیبرتل سردلا بقانم و سردملا ةیئادتبلإا ةسردملا ءادأ ریوطت نع ىملعلا ثحبلا اذھ ثحب جھنم قیبطت ةقیرطب اكلاوك ةساردلا ةیموكحلا ةیملاسلإا بلاطل ملاسلإا  ىھ و ءایشلأا فصو و لیلحت و ةفرعمل يھ ثحبلا اذھ نم ف .احدا  : ةساردلا جھنم ةقیرطب سردملا ةیلمع ریوطت ةیموكحلا ةیئادتبلإا ةسردملا ىف   ةیئادتبلإا ةسردملا ىف ةیموكحلا ةساردلا جھنم ةقیرطب بلاطلا سرد بقانم ریوطت اكلاوك  , ةسردملا ىف ةیئادتبلإا ةساردلا جھنم قیبطت ىف لباقت ىتلا ةبقعلا و  اكلاوك  , ةیموكحلا  اكلاوك . و ةظحلاملا ةرواصملا و ةلباقملا جھنمب بعلملا ىف ةقیقح نم تانایبلا دجوت ةیعون ةبقارم ثحبلا اذھ تانایبلا ضرع و ضافخنإ ةطشنأ ةثلاثب تانایبلا للحت مث , مث تانایبلا صیلخت : , ثیلثت و ةظحلاملا ثحبلا تاقوأ لیوطتب تانایبلا ةحص صحف , ةرباثم تانایبلا . . ةیموكحلا ةیملاسلإا ةیئادتبلإا ةسردملا سردم ثحبلا جئاتن . ( ءادأ  ریوطت  تارشؤم ةثلاثب فرعی ةساردلا جھنم قیبطت ةقیرطب اكلاوك  دیج : ری ةساردلا ذیفنت ریبدت دعی لاز ام ىذلا سردملا بدت , , لصفلا ىف سیردت لبق , لاز ام سایقل ةساردلا ةیلمع ىف مییقت و ةساردلا ذیفنت ریبدت ىف تاوطخلا ىلا عجری سردملا لصحی ىذلا ةساردلا فدھ ( )ر دیج ثیدحلا و نارقلا ةدام ىف بلاطلا بقانم ریوطت , ةساردلا جھنم ىف . ( . بلاطلل تاجردلا فشك ىف بوتكم ىذلا . ( ىتلا ةبقعلا ابعص لازام مییقتلا ةیحان نم سردملا اھلباقی  . يساردلا جھنملا بیردت ةماقإ ھلولح و , مھعیجشتب ةماقإ ھلولح و نارقلا ةءارق ىف عتعتتی نم مھنم ذیملاتلا نم ةبقعلا ,و  , نارقلا ةیبرت ةضور ةماقإ مث ذیملاتلا يدلاو عم نواعتلا ةماقإ و , ( قفارم ةبقع تق ) ةدوجوملا بتكلا مادختسا ھلولح و ةموكحلا اھتدعأ ىتلا ذیملاتلا بتك تددحت ةیتحتلا ةینبلا یوصت و امیظعت ةدودحملا ةیساردلا لوصفلا ةبقع سردملا اھدعأ ىتلا لیمحتلا ةلصاح ر , ىساردلا لصفلا . ةدازإ ةنجللا و ةسردملا رظان لواحی . ةدامل ةصاخ ىملاسلإا نیدلا ةیبرت سردمل عجارملا ءاطعإ ثحبلا اذھ نم جئاتنلا لا تایلمع ىف ةسارد بلاطلل ةساردلا ةلصاح و ءادلأا ریوطتل ثیدحلا و نارقلا . و ةیبرتلا ةمیق ریوطت ىف اباستكا دھعملا وأ ةسردملل تاھماسملا يطعی نأ اضیأ ىجری .