PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN

Main Author: Sarmahenda, NIM. 15010104043, S
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/1/COVER%20DAFTAR%20ISI%20DAN%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/2/BAB%201.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/3/BAB%202.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/4/BAB%203.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/5/BAB%204.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/6/BAB%205.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20DAN%20LAMPIRAN%27.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2338/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sarmahenda, NIM. 15010104043 “Peran Dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SDN 1 Mbanua. “ dibimbing Oleh Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I Skripsi ini membahas tentang Peran Dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SD Negeri 1 Mbanua Kecamatan Siompu Barat di Kabupaten Buton Selatan. Dengan permasalahan (a ) Bagaimana Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an, Bagaimana kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa di SD Negeri 1 Mbanua dalam membaca Al-Qur’an. Dalam kesulitan-kesulitan tersebut dapat diketahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara atau interviw. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi (pengamatan ), interviw/wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan sumber data dalam penelitian ini meliputi, guru agam Islam. Di jadikannya sebagai objek informan sebab peneliti menilai bahwa guru agama Islam inilah yang bekompeten memberikan keterangan atau data yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Peran dan Strategi guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Mbanua sangat optimal untuk peserta didik, karena disinilah dimana guru dituntut, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa-siswi meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, pengenalan tanda baca, dan kelancaran dalam membaca, strategi-strategi yang sudah dilakukan oleh para agama Islam di SD Negeri 1 Mbanua di antaranya tadarus Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, memberikan jam tambahan di luar jam sekolah dan pemberian tugas yang dapat merangsang siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Kata Kunci : Mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an.