ctrlnum 231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/</relation><title>Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf&#xD; Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak&#xD; Bungantulasi Kota Baubau</title><creator>Hartati, NIM : Kl.4010101036</creator><subject>Ilmu Sosial</subject><description>ABSTRAK&#xD; Hartati Nim. Kl.4010101036, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf&#xD; Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak&#xD; Bungantulasi Kota Baubau. (Dibimbing Oleh : Aliwar, S,Ag.,M.Pd)&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf&#xD; dengan menggunakan media kartu kata pada anak kelompok B di TK Bungantulasi&#xD; Kota Baubau. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan&#xD; huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan&#xD; karena adanya permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B. Jenis penelitian&#xD; ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara&#xD; kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak.&#xD; Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal&#xD; huruf menggunakan media kartu kata.&#xD; Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian&#xD; yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check&#xD; List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat&#xD; disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK&#xD; Bungantulasi Kota Baubau dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata dalam&#xD; proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masingmasing&#xD; anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya&#xD; sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan&#xD; menghubungkan huruf.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal&#xD; huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3%,&#xD; dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%.</description><date>2016-10-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hartati, NIM : Kl.4010101036 (2016) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau. Skripsi thesis, IAIN KENDARI. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hartati, NIM : Kl.4010101036
title Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau
publishDate 2016
isbn 9784010101032
topic Ilmu Sosial
url http://digilib.iainkendari.ac.id/231/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/8/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/
contents ABSTRAK Hartati Nim. Kl.4010101036, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau. (Dibimbing Oleh : Aliwar, S,Ag.,M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media kartu kata pada anak kelompok B di TK Bungantulasi Kota Baubau. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK Bungantulasi Kota Baubau dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masingmasing anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3%, dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%.
id IOS16254.231
institution IAIN Kendari
institution_id 1408
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN KENDARI
library_id 2563
collection Repository
repository_id 16254
subject_area UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB
Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
city KOTA KENDARI
province SULAWESI TENGGARA
repoId IOS16254
first_indexed 2021-11-17T02:12:29Z
last_indexed 2021-11-17T02:12:29Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1716640233560211456
score 17.538404