Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau
ctrlnum |
231 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/</relation><title>Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Bungantulasi Kota Baubau</title><creator>Hartati, NIM : Kl.4010101036</creator><subject>Ilmu Sosial</subject><description>ABSTRAK
Hartati Nim. Kl.4010101036, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Bungantulasi Kota Baubau. (Dibimbing Oleh : Aliwar, S,Ag.,M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf
dengan menggunakan media kartu kata pada anak kelompok B di TK Bungantulasi
Kota Baubau. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan
huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan
karena adanya permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak.
Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal
huruf menggunakan media kartu kata.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check
List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK
Bungantulasi Kota Baubau dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata dalam
proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masingmasing
anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya
sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan
menghubungkan huruf.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal
huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3%,
dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%.</description><date>2016-10-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/231/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hartati, NIM : Kl.4010101036 (2016) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau. Skripsi thesis, IAIN KENDARI. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hartati, NIM : Kl.4010101036 |
title |
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Bungantulasi Kota Baubau |
publishDate |
2016 |
isbn |
9784010101032 |
topic |
Ilmu Sosial |
url |
http://digilib.iainkendari.ac.id/231/1/COVER.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/8/LAMPIRAN.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/231/ |
contents |
ABSTRAK
Hartati Nim. Kl.4010101036, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Bungantulasi Kota Baubau. (Dibimbing Oleh : Aliwar, S,Ag.,M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf
dengan menggunakan media kartu kata pada anak kelompok B di TK Bungantulasi
Kota Baubau. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan
huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan
karena adanya permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak.
Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal
huruf menggunakan media kartu kata.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check
List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK
Bungantulasi Kota Baubau dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata dalam
proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masingmasing
anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya
sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan
menghubungkan huruf.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal
huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3%,
dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%. |
id |
IOS16254.231 |
institution |
IAIN Kendari |
institution_id |
1408 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN KENDARI |
library_id |
2563 |
collection |
Repository |
repository_id |
16254 |
subject_area |
UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih |
city |
KOTA KENDARI |
province |
SULAWESI TENGGARA |
repoId |
IOS16254 |
first_indexed |
2021-11-17T02:12:29Z |
last_indexed |
2021-11-17T02:12:29Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1716640233560211456 |
score |
17.538404 |