Daftar Isi:
  • NILAI-NILAI EKO SPIRITUAL BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM MEMBANGUN KAMPUS HIJAU BERWAWASAN LINGKUNGAN DI IAIN KENDARI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana konsep pendidikan Islam yang diintegrasikan dengan lingkungan oleh masyarakat yang ada di Kampus IAIN Kendari. Di samping itu, penelitian ini akan mengeksplorasi strategi pengelolaan lingkungan, program-program pendidikan lingkungan yang dipraktekkan, dan nilai-nilai spiritual pendidikan lingkungan yang dibentuk pada masyarakat kampus IAIN kendari. Nilai-nilai eko spiritual pendidikan Islam yang ada di kampus IAIN Kendari merupakan sebuah keniscayaan dalam mengaktulisasikan pendidikan lingkungan melalui kegiatan-kegiatan pengelolaan kebersihan lingkungan pondok, penghijauan, pengelolaan sumber daya alam, pengelolaan lingkungan yang dikembangkan berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW., dengan menekankan pada nilai-nilai keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup. Melalui penanaman nilai-nilai kesadaran, kepedulian, dan keikhlasan terhadap lingkungan kampus, sehingga dapat membangkitkan religiusitas masyarakat IAIN Kendari yang akhirnya dapat melahirkan keshalehan ekologis dan dapat mereduksi aktivitas kerusakan ekologi. Kata Kunci: Pengelolaan Lingkungan, Pendidikan Lingkungan, Kerusakan Lingkungan, Konsep Lingkungan berbasi Pendidikan Islam dan IAIN Kendari.