PENERAPANN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV SDN 2 BOKORI KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE PENERAPANN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV SDN 2 BOKORI KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE PENERAPANN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV SDN 2 BOKORI KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE

Main Author: Andriani , NIM.150101004102, A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/1/1.%20SAMPUL.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/3/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/4/7.%20BAB%201.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/5/8.%20BAB%20II.docx%20123.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/6/9.%20BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/7/10.%20BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/8/11.%20BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/9/12.%20DAPUS.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/2264/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Andriani , NIM.150101004102 “Penerapann Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Murid Kelas IV SDN 2 Bokori Kecematan Soropia Kabupaten Konawe” dibimbing oleh Rasmi S.Ag, M.S.I Penelitian ini dibatasi pada bagaimanakah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Bokori Kecamatan Soropia dan apakah hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray kelas IV SDN 2 Bokori Kecamatan Soropia?. Bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Bokori dan Untuk mengetahui hasil belajar murid melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar murid yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan lembar observasi aktivitas guru dan murid. Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatan hasil belajar murid dan aktivitas guru serta aktivitas murid. Hal ini dapat dilihat dari presentase setiap siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 71,42%, sedangkan pertemuan kedua mencapai 85,71%. Siklus II pertemuan pertama mencapai 90,47, dan pertemuan kedua mencapai 95,24%. Hasil observasi aktivitas murid siklus I pertemuan pertama mencapai 77,27%, dan pertemuan kedua mencapai 86,36%. Siklus II pertemuan pertama mencapai 90,91%, dan pertemuan kedua mencapai 95,45%. Hasil belajar murid sebelum tindakan mencapai 34,62% dengan nilai rata-rata 63,85. Presentase hasil belajar murid pada siklus I mencapai 53,84% dengan nilai rata-rata 68,88. Hasil belajar murid pada siklus II meningkat secara signifikan yaitu dengan presentase 84,61% dengan nilai rata-rata 80. Adapun presentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 7,87%, sedangkan presentase penigkatan dari siklus I ke siklus II adalah 16,14% dan presentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II adalah 25,29% . Kata Kunci ; Pemebelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS