Daftar Isi:
  • ABSTRAK Irpan, NIM: 15 01 01 01 028. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Kalosara di Kabupaten Konawe Selatan (Dibimbing Oleh: Dr. Samrin,M.Pd.I ) Skripsi Ini Membahas Tentang nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan karakter dalam tradisi kalosara di kabupaten konawe selatan. Penelitian ini mengangkat realitas lapangan yang empiric berkaitan dengan permasalahan dalam tradisi kalosara di kabupaten konawe selatan dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kalosara. Masalah yang diteleliti sebagai berikut berikut ini.1 Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi kalosara di kabupaten konawe selatan? 2 Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam apakah yang terdapat dalam tradisi Kalosara di kabupaten konawe selatan?. Dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi kalosara di kabupaten konawe selatan dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apakah yang terdapat dalam tradisi Kalosara di kabupaten konawe selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer yaitu tokoh adat dan tokoh masyarakat dan sekunderya itu buku, jurnal dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu untuk mengecek keabsahan data yang terdiri dari sumber, metode,dan teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kalosara memiliki nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya seperti nilai ibadah, nilai saling mempercayai dan nilai sosial. Namun dalam tradsi kalosara juga mengandung beberapa nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi kalosara yaitu nilai religious, nilai disiplin, nilai kreatif, nilai toleransi, dan nilai komunikasi yang dapat di jadikan sebagai pelajaran dalam kehidupan masyarakatTolaki. Kata kunci: Kalosara, Nilai, PendidikanKarakter, Pendidikan Islam