Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sucipto NIM 15010103005. Sistem Penjaminan Mutu di SDIT Al-Qalam Kendari. Dibimbing Oleh: Dr. H. Nur Alim, M.Pd Mutu dalam pengelolaan pendidikan sangat penting karena dengan pengelolaan pendidikan yang bermutu akan menghasilkan pendidikan yang bermutu pula. Penelitian ini membahas tentang sistem penjaminan mutu di SDIT Al-Qalam Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem penjaminan mutu guru dari berbagai aspek mulai dari proses rekrutmen guru, proses pembelajaran guru, dan evaluasi pembelajaran guru. Objek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Wakil Ketua Yayasan Bidang SDM, dan Guru di SDIT Al-Qalam Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan skunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan selanjutnya teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi waktu, sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem penjaminan mutu di SDIT Al-Qalam Kendari terdiri dari beberapa bagian. (1 )Rekrutmen Guru dilakukan dari tahap analisis kebutuhan guru, pengajuan kebutuhan guru ke yayasan, penyebaran informasi rekrutmen guru, seleksi berkas, tes microteaching, tes mengaji, dan interview. (2)Proses Pembelajaran Guru dilakukan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan dalam proses pembelajaran terdapat pelatihan dan pengembangan guru. (3)Evaluasi Pembelajaran Guru dilaksanakan dengan dua cara yang pertama supervisi guru dan yang kedua evaluasi melalui rapor guru. Kata kunci: Mutu, Guru, dan SDIT Al-Qalam Kendari