PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 12 KONAWE SELATAN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nama Penyusun : Nurul Septiana NIM : 14010101066 Judul Skripsi : Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi The Power Of Two Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 12 Konawe Selatan Judul penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi The Power Of Two Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 12 Konawe Selatan. Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar PAI di smp n 12 Konawe Selatan tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui Strategi The Power Of Two pada siswa kelas VIII E di SMP N 12 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan objek penelitian yakni kelas VIII E yang berjumlah 22 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI melalui Strategi The Power Of Two pada siswa kelas VIII E di SMP N 12 Konawe Selatan mengalami peningkatan yang signifikan. Adapun peningkatan hasil belajar PAI dapat ditunjukan dari nilai sebelum tindakan sampai siklus II, nilai hasil ulangan ketuntasan belajar siswa mencapai 45,45% dengan nilai rata-rata adalah 66,63. Setelah melaksanakan tindakan siklus I persentasi ketuntasan belajar siswa mencapai 68,18% dengan nilai rata-rata adalah 71,45. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentasi ketuntasan belajar siswa mencapai 81,81% dengan nilai rata-rata 84. Peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan kesiklus I mencapai 37,51, kemudian peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan kesiklus II mencapai 87,51,dan siklus I kesiklus II sebesar 36,36. Dengan demikian, hasil belajar siswa telah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 76 dengan persentasi ketuntasan belajar adalah 80%.