Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hariyani H. Nim. 15010104035. Peranan Guru dan Orng Tua dalam Mendisiplinkan Siswa Membaca Al-Qur’an (Studi di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi ), (Dibimbing Oleh: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag ). Penelitian ini berjudul Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Siswa Membaca Al-Qur’an (Studi di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi ). Dengan permasalahan (a ). Bagaimana peranan guru dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi, (b). Bagaimana bentuk peranan orang tua dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, (c ). Faktor- faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan guru dan bentuk peranan orang tua dalam mendisiplinkan siswa membaca AlQur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara atau interview. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi (pengamatan ), interview/wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini meliputi, guru Agama Islam, orang tua siswa, kepala sekolah, guru ngaji dan tokoh Agama. Dijadikannya sebagai objek informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkompeten memberikan keterangan atau data yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa peranan guru dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi telah dilakukan dengan baik dengan cara membuat kartu kontrol mengaji dan setiap hari Jumat melakukan tadarus. Berdasarkan dengan bentuk peranan orang tua dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi telah dilakukan dengan baik dengan cara membuatkan jadwal mengaji dan mengaji bersama dengan anak. Adapun faktor pendukung dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan faktor penghambat dalam mendisiplinkan siswa membaca Al-Qur’an di SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi juga ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: Mendisiplinkan Siswa Membaca Al-Qur’an