PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 MALIGANO KABUPATEN MUNA
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fatmawati, Nim:15010108036. PerbandinganHasilBelajarBiologidenganMenggunakan Model PembelajaranKooperatifTipe ScriptdenganMetodeKonvensionalpada SMA Negeri 1 MaliganoKabupatenMuna (Dibimbing oleh: Aris Amirullah S.Si, M.Si ) Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script, Konvensional Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)hasilbelajarsiswa yang diajar model kooperatiftipe script (2hasilbelajarsiswa yang diajarmetodekonvensional (3)Perbedaanhasilbelajardenganmenggunakan model KooperatifTipe ScriptdanKonvensional Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Maligano. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 (Kelas Eksperimen) sebanyak 20 siswa dan kelas X IPA 2 (Kelas kontrol ) sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pada hasil penelitian diperoleh hasil uji normalitas kelas eksperimen 2 hitung= 0,183 dan nilai 2 tabel= 0,190. Pada kelas kontrol diperoleh 2 hitung= 0,180 dan nilai 2 tabel= 0,190, sehingga kedua data tersebut berdistribusi normal, dimana 2 hitung< 2 tabel. Pada uji homogenitas nilai yang diperoleh Fhitung = 1,209 dan Ftabel = 2,17, dengan pengujian Fhitug< Ftabel maka kedua sampel tersebut homogen. Untuk pengujian hipotesis t didapatkan harga thitung = 3,285 dan ttabel = 1,697 dengan pengujian thitung> ttabel yaitu 3,285> 1,697 hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatiftipe script yang menunjukkan hasil belajar pada model kooperaif tipe script lebih baik dengan materi ekosistem.