PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDN BUGI KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAU-BAU Skripsi ini Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Oleh: LA ADJI KL. 14010101012 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KENDARI 2016

Main Author: LA ADJI, KL. 14010101012
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/174/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/2/BBA%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/5/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/7/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/174/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK La Adji, KL. 14010101012 “Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau” Penerapan metode pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau, bertujuan untuk mengetahui dan mengamati peningkatan hasil belajar PAI siswa Kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau. Adapun permasalahannya adalah apakah penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau ? Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar; tes awal sebelum pemberian tindakan, tes siklus I dan II dan lembar observasi bagi guru dan siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pada tindakan siklus I Guru dan Murid terlihat dari beberapa instrumen observasi menunjukkan kesiapan belajar dengan metode Make A Match menujukkan adanya perubahan positif hal ini diimbangi dengan peningkatan perolehan nilai hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 67,54, tes formatif menunjukkan 19 siswa dikategorikan tuntas secara perseorangan dan 5 Murid tidak tuntas. Tindakan siklus II aktivias Guru dan Murid terlihat dari beberapa instrumen observasi menunjukkan kesiapan belajar melalui metode Make A Match menujukkan adanya perubahan lebih efektif, hal ini diimbangi dengan peningkatan perolehan nilai hasil evaluasi pada siklus ke II menunjukkan nilai rata-rata 72,82, tes formatif menunjukkan 23 Murid dikategorikan tuntas secara perseorangan dan 1 siswa yang tidak tuntas Peningkatan hasil belajar PAI melalui penerapan metode Make A Match berdasarkan siklus I dan II sebesar 25 % menunjukkan adanya peningkatan dari tiap siklusnya, dimana siklus I (pertama) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai rata-rata 67,54 setelah diberikan tindakan pada siklus ke II (dua) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai rata-rata 72,82 dengan persentase 95% siswa mendapatkan nilai ≥ 65, dan dikategori baik