PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK NEGERI 2 KONAWE SELATAN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tinus Baha, Nomor Induk Mahasiswa 16040202025, Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 2 Konawe Selatan, Pembimbing 1: Prof. Dr. Jafar Ahiri, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I Penelitian ini membahas tentang Pengaruh model pembelajaran inovatif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 2 Konawe Selatan yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan; (1) Perbedaan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam Siswa yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan inquiri; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan field depndent ; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa; (4) Perbedaan hasil belajar siswa yang memilki gaya kognitif independent, dengan model pembelajaran learning cycle 5E; (5) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif independent, dengan model pembelajaran inquiri; (6) Perbedaan hasil belajar siswa yang memilki gaya kognitif field indpendent dan field dependent dengan model pembelajaran learning cycle 5E; (7) Perbedaan hasil belajar siswa yang memilki gaya kognitif field indpendent dan field dependent dengan model pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan populasi siswa SMK Negeri 2 Konawe Selatan sebanyak 124 orang. Sampel berjumlah 64 orang dan terbagi dalam jumlah yang sama pada dua perlakuan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dan inquiri. Data diperoleh dengan menggunakan tes gaya kognitif dan tes hasil belajar serta dianalisis dengan menggunakan Statistical Package for the social Science (SPSS) 16.0 Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari tujuh hipotesis dalam penelitian ini, secara khusus 2 yang menunjukkan perbedaan yaitu hipotesis pertama dan keempat, yang berbunyi; (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan inquiri; dan (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa yang diajar dengan model pembelajaran inovatif learning cycle 5E dan inquiri yang mempunyai gaya kognitif field independent dan field dependent.