UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE INDEX CARD V SDN 70 Skripsiinidiajukan FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM MATCH PADA SISWA MASALOKA TIMUR KABUPATEN BOMBANA inidiajukanuntuk memenuhi salah satu syarat mencapai gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Oleh: F I R D A U S KL. 14010101013 NEGERI (IAIN KENDARI 2016 KELAS

Main Author: F I R D A U S, KL. 14010101013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iainkendari.ac.id/168/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/5/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/8/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/168/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Firdaus, NIM. 14010101013, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas V SDN 70 Masaloka Timur Kabupaten Bombana. (Dibimbingoleh St. Aisyah Mu’min, S.Ag.,M.Pd) Penelitian ini disusun berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas V SDN 70 Masaloka Timur Kab.Bombana. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui secara jelas apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SDN 70 Masaloka Timur Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Adapun faktor yang diteliti yaitu guru, anak didik dan sumber pelajaran.Langkah-langkah penelitian dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Kegiatan tersebut dilakukan pada siklus I dan II.Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan rumus mean danpersentase. Sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan analisis hasil refleksi dari prasiklus siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilan mencapai nilai KKM 70 dalam hal ini murid dinyatakan mencapai keberhasilan belajar secara perorangan, dan dikatakan telah mencapai keberhasilan belajar secara klasikal apabila murid telah mendapatkan keberhasilan dengan kategori 80% dari jumlah siswa yang ada. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara persentasepadahasil belajar Pendidikan Agama Islam siswakelas V SDN 70 MasalokaTimurKabupaten. Bombana.Adapun peningkatan terlihat pada persentase siklus satu kesiklus yang lainnya.Pada prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 45,80%. Sedangkan dari siklus I ke-siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,64%. Secara keseluruhan peningkatan dari prasiklus sampai ke-siklus II adalah sebesar 68,61%. Semua itu dikategorikan berhasil karena di atas 68 %, siswa memperoleh nilai di atas