Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasan Basri Nim. 14010101046 “ Peningakatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Video di SMA Negeri 6 Kendari” Dibimbing oleh Dr. Abdul Kadir P, M.Pd Penelitian ini diawali oleh masalah yakni rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar PAI kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kendari melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kendari melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ditentukan bahwa ; 1) motivasi belajar Pendidikan Agama Islam saat kondisi awal termasuk dalam kriteria sedang yakni rata-rata 61,11 dan setelah dilaksanakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video pada siklus I maka rata-rata nilai motivasi belajar PAI siswa mencapai 76,19 dengan terjadinya peningkatan sebesar 24,67% termasuk dalam kriteria tinggi. Pada siklus II rata-rata nilai motivasi belajar siswa mencapai 82,25 dalam kriteria sangat tinggi dengan peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 34,59%. 2) hasil belajar siswa pada kondisi awal pra siklus mencapai 71,52%, siklus I mencapai 81,00%, siklus II mencapai 82,89% dan peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II mencapai 50%. Melihat motivasi dan hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kendari. Kata Kunci :Motivasi, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based Learning, Media Video