PENGARUH PERSEPSI NASABAH TERHADAP PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Cab. Kendari)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Asriani, NIM: 14020106039. Pengaruh Persepsi Nasabah Terhadap Pengambilan Pembiayaan Murabahah (Studi Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kendari). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Kendari dibimbing Oleh Dr. Wahyudin Maguni, SE, M.Si dan Dra. Beti Mulu, M. Pd.I. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh persepsi nasabah terhadap pengambilan pembiayaan murabahah. Persepsi negatif tidak hanya akan mempengaruhi citra produk dan jasa bank syariah tetapi juga citra perusahaan dan semuanya akan berdampak pada reputasi bank syariah. Juga akan berdampak pula terhadap minat masyarakat untuk berinvestasi pada bank syariah. Tidak hanya itu saja, pemahaman nasabah mengenai pembiayaan murabahah masih sangat minim, nasabah melakukan pembiayaan murabahah hanya sesuai dengan prosedur bank mereka belum mengetahui bagaimana mekanisme pembiayaan murabahah yang semestinya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subjek penelitian adalah persepsi nasabah (X) terhadap pengambilan pembiayaan murabahah pada nasabah bank Syariah Mandiri Cabang Kendari (Y). Objek penelitian adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari yang dijadikan sampel sebanyak 84 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regerasi linear sederhana, uji T dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis mengenai pengaruh persepsi nasabah terhadap pengambilan pembiayaan murabahah dapat disimpulkan bahwa variabel bebas sangat mempengaruhi variabel terikat. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sederhana (R2) sebesar 0.044 dimana hubungan Variabel bebas Persepsi Nasabah (X) mempengaruhi Variabel terikat Pengambilan Pembiayaan Murabahah(Y) Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari yaitu sebesar 4.4% sementara sisanya disebabkan oleh variabel lain di luar variabel penelitian yang dilakukan sebesar 95.6%.