PENGARUH BAURAN PROMOSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH (Studi Pada PT Bank Muamalat Tbk Cabang Kendari)
Daftar Isi:
- ABSTRAK MARDALENA, NIM. 14020106029 “Pengaruh Bauran Promosi Perbankan Syarah Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Pada PT Bank Muamalat Tbk Cabang Kendari)” Yang dibimbing oleh Dr. Hj. Ummi Kalsum, M.Ag, dan H. Muhamad Turmudi, S.Ag., MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi secara parsial dan simultan terhadap minat menabung nasabah. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subjek penelitian adalah bauran promosi yang meliputi periklanan (X1), promosi penjualan (X2), hubungan masyarakat (X3), penjualan pribadi (X4) terhadap minat menabung nasabah pada bank Muamalat Tbk Cabang Kendari (Y). Objek penelitian adalah nasabah bank Muamalat Tbk Cabang Kendari yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regerasi linear berganda, uji T dan uji F. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama, berdasarkan hasil analisis terdapat empat variabel bebas yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, ternyata pengaruh secara parsial adalah variabel promosi penjualan terhadap minat menabung nasabah pada bank Muamalat Tbk Cabang Kendari. Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikansinya sebesar 0,036, Probabilitas signifikansi yang lebih kecil dari nilai a=0,05 (0,036< 0,05), menyatakan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah. variabel hubungan masyarakat berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung nasabah Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikansinya sebesar 0,000<0,05. Kedua, berdasarkan hasil analisis mengenai pengaruh bauran promosi terhadap minat menabung nasabah maka semua variabel dalam bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi berpengaruh secara simultan terhadap minat menabung nasabah pada bank Muamalat Tbk Cabang Kendari. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 12,127 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih besar dari nilai Ftabel dan nilai R square sebesar 0,338 menunjukkan besarnya peran atau kontribusi variabel bebas yang meliputi periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan promosi penjualan mempengaruhi variabel terikat yaitu minat menabung nasabah pada bank Muamalat Tbk Cabang Kendari yaitu sebesar 33,80% Sementara sisanya disebabkan oleh variabel lain di luar variabel penelitian yang dilakukan sebesar 66,20%.