Daftar Isi:
  • ABSTRAK MALUNIA, NIM. 12010101029, Judul (Hubungan antara keaktifan berdiskusi siswa dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kabawo Kabupaten Muna) Dibimbing Oleh: Aliwar, S.Ag. M.Pd Keaktifan berdiskusi yang dibiasakan kepada siswa di dalam proses pembelajaran salah satu tujuannya adalah untuk mengeluarkan ide, wawasan serta pengetahuan mereka, sehingga mereka terbiasa berbicara di depan umum, berbicara atau mengeluarkan pendapat mereka dengan argumentasi yang baik dan didukung data atau referensi yang valid. Apabila guru mampu melihat hal itu dengan cermat maka prestasi siswa dapat meningkat secara kuantitas maupun kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang keaktifan berdiskusi siswa dan prestasi belajar siswa serta hubungan antara keaktifan berdiskusi dengan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan mengadakan pengamatan, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis statistik dan inferensial dimana data diolah dengan regresi linear sederhana serta di dukung software SPSS 16.0. Sumber data penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Kabawo Kabupaten Muna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan berdiskusi siswa termasuk dalam kategori baik yaitu mencapai 60% (18 siswa), prestasi belajar siswa dalam kategori sangat baik yaitu mencapai 56,6 % (17 siswa). Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan berdiskusi siswa dengan prestasi belajar siswa dimana thitung 0,590 > dari ttabel 0,05 dimana kontribusi variabel keaktifan berdiskusi siswa terhadap variabel prestasi belajar siswa yaitu 12% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Keaktifan berdiskusi, Prestasi belajar, siswa.